5 Hal Agar Sukses Dalam Berinvestasi

Inilah 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Sukses Dalam Berinvestasi. Berinvestasi merupakan salah satu jalan menghasilkan uang dalam jangka panjang, dan pada dasarnya investasi dapat dilakukan oleh siapa saja tua, muda, laki-laki, perempuan, orang pintar, orang bodoh dan semua kalangan. Tujuannya pun sama yaitu agar bisa sukses dalam berinvestasi.

Cara Agar Sukses Dalam Berinvestasi - Perlu Anda ketahui bahwa dalam berinvestasi bukanlah perkara yang mudah dan juga bukan perkara yang sulit, yang penting Anda selalu berkonsisten dan kerja keras jika ingin meraih kesuksesan dengan cara berinvestasi. Untuk itu perlu Anda perhatikan 5 hal atau ciri-ciri bahwa Anda akan meraih kesuksesan dalam berinvestasi, dan tanamkanlah hal-hal berikut ini sebelum Anda terjun untuk berinvestasi agar hasil yang Anda dapatkan bisa maksimal.

5 Hal Agar Sukses Dalam Berinvestasi

Inilah 5 Hal Agar Sukses Dalam Berinvestasi

1. Kendalikan Emosi Secara Baik dan Benar

Bisa saja semua orang akan bertindak gila dan bodoh jika sudah termakan oleh emosinya sendiri, Dalam hal investasi, pengendalian emosi yang buruk akan menuntun ke keputusan investasi yang buruk. Sebab pengendalian emosi yang buruk sering kali menimbulkan tindakan yang irasional (tidak masuk akal). Jika itu terjadi maka sudah dipastikan hasil dari investasinya juga akan buruk.

2. Harus Memiliki Pengetahuan Yang Cukup

Jika Anda ingin berinvestasi tentu saja di butuhkan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana cara berinvestasi dan semua hal yang berhubungan dengan investasi. Tanpa pengetahuan segala sesuatu akan menjadi penuh resiko dan bahaya, begitu pula dalam melakukan investasi. Pengetahuan merupakan salah satu modal penting menuju kesuksesan dalam berinvestasi.

Anda tidak harus pintar dalam segala hal, yang anda butuhkan hanya pengetahuan yang cukup. Maksud dari kata cukup disini adalah Anda mengetahui apa yang ingin Anda investasikan dan bagaimana cara kerjanya (termasuk resiko dan cara mengatasinya). Seperti contoh jika Anda berinvestasi saham pada perusahaan properti, sebenarnya Anda hanya cukup memahami bagaimana perusahaan itu bekerja. Dan Anda hanya cukup memiliki pengetahuan pada apa yang Anda investasikan.

3. Memiliki Manajemen Keuangan Yang Baik

Untuk mendapatkan hasil investasi yang baik, tentu membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama. Tidak hanya dalam hitungan hari, minggu ataupun bulan, bahkan bisa bertahun-tahun. Jadi selagi menunggu tercapainya keuntungan yang layak Anda harus memiliki ketahanan keuangan yang memadai untuk terus mempertahankan investasi Anda dan tidak menjualnya karena terpaksa.

Jadi, Simpanlah uang Anda secekupnya(tabungan dan dana darurat) dan apabila sudah cukup aman, maka mulailah berinvestasi, sehingga bila terjadi kejadian dimana Anda harus menjual instrumen investasi Anda secara terpaksa dapat dikurangi resikonya.

4. Harus Konsisten

Jika Anda ingin berinvestasi maka konsistenlah dengan setiap peraturan dan alokasi dana yanng Anda tetapkan. Alokasi dana bisa berfungsi untuk mengatasi jika Anda memiliki modal yang terbatas. Jangan mengeluarkan dana yang berlebihan sehingga membuat diri Anda sendiri kesulitan. Dan satu hal lagi, Usahakan jangan berhutang untuk investasi, Lo, mengapa tidak boleh? Sebab hal ini dapat berguna untuk menghindari return investasi yang terbilang cukup memakan waktu.

5. Harus Rasional

Sangat penting sekali, pelaku investasi untuk menjaga pikiranya tetap rasional. Kenapa? Karena hal ini bisa menjadi pengaman Anda untuk menghindari tawaran-tawaran investasi bodong maupun kerugian yang bisa saja terjadi. Tidak ada akhir bahagia bagi para pelaku yang irasional. Mungkin Anda sering melihat beberapa orang tertipu dengan investasi yang tidak masuk akal seperti penggandaan uang oleh dukun dan sejenisnya, berinvestasi dengan perusahaan yang tidak jelas asal-usulnya. Untuk menghindari semua itu, maka diperlukan sikap yang rasional, agar haal-hal semacam itu tidak terjadi pada Investasi Anda.

Untuk menjadi sukses dalam berinvestasi maka diperlukan beberapa hal yang telah dijelaskan di atas, agar usaha Anda dalam bidang investasi bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan tentu saja Anda bisa meraup keuntungan dari inventasi yang Anda jalankan.

Sebagai catatan. Jika Anda ingin terjun ke dunia Investasi maka Anda harus berhati-hati dan juga selektif dalam memilih jalur investasi yang akan Anda jalankan. Jangan terburu-buru dalam berinvestasi, kenali dan cari informasi tentang bidang investasi yang ingin Anda ikuti.

Demikian artikel mengenai 5 Hal Agar Sukses Dalam Berinvestasi yang bisa saya rangkum. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin terjun ke dunia perinfestasian. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "5 Hal Agar Sukses Dalam Berinvestasi"

Posting Komentar