Cara Menerapkan Teknik SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog

Cara Membuat Blog Agar SEO Friendly | Teknik SEO On Page Dan Teknik SEO Off Page | SEO menjadi salah satu kebutuhan blogger yang harus diperhatikan. Meski sebagian di antar kita ada kerap kali mengabaikannya, tetapi pada dasarnya SEO ini sangat penting dan berperan sekali dalam memajukan blog kita. Sudah paham kan tentang bahasan kita kemarin mengenai apa saja manfaat dari SEO itu?

Berlanjut, kali ini kita akan membahas lebih teknis bagaimana penerapan SEO ini dalam blog kita agar ke depannya dapat membuat kinerja blog kita menjadi lebih baik. Pada intinya, penerapan SEO dibagi menjadi dua hal, yaitu Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page. Apa yang menjadi perbedaan di antara keduanya?

Teknik SEO On Page merupakan penggunaan Teknik SEO yang dilakukan secara internal dalam halaman blog kita. Sedangkan Teknik SEO Off Page merupakan penggunaan Teknik SEO yang dilakukan di luar blog kita, artinya dikerjakan secara eksternal. Pada bahasan kali ini kita akan secara khusus membahas mengenai bagaimana optimalisasi tersebut dilakukan terutama untuk Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page.
Cara Menerapkan Teknik SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog



Bagaimana menerapkan Teknik SEO On Page dalam blog kita ini?

Gunakan meta keyword dan meta description.

Berdasarkan cara kerjanya, Google menggunakan salinan deskripsi blog kita dalam memasarkan blog kita di search engine. So, optimalkan lah penggunaan meta description ini agar lebih memudahkan Google dalam mengidentifikasi blog kita sesuai kebutuhan informasi yang sedang diakses untuk dicari. Meta keyword juga berguna untuk lebih mengidentifikasikan keyword yang dimasukan oleh pengguna internet dalam mencari informasi apakah relevan dengan informasi yang ada di blog kita atau tidak. Gunakan keyword yang benar-benar berhubungan dan menjadi topik blog kita agar penggunaanya lebih optimal. Lebih spesifik lebih baik daripada asal menembakan (dengan menuliskan) keyword yang bersifat umum.

Gunakan title tag.

Penggunaan title tag sangat bermanfaat dalam SEO. Dengan title tag, blog kita akan lebih mudah terindeks saat ada penjaringan oleh search engine terhadap sebuah keyword yang dimasukan oleh pengguna internet untuk mencari informasi. Dengan title tag, maka judul dari setiap postingan dalam blog kita akan lebih mudah dimasukan oleh search engine sebagai keyword.

Keyword pada postingan.

Saat kita menulis sebuah postingan, pastikan jika kita memberikan kata kunci (keyword) dari topik apa yang sedang kita bahas. Keyword juga bias menyasar pada perkiraan keyword apa yang menurut kita akan digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang berkaitan dengan isi postingan yang kita buat tersebut. Penekanan keyword dalam postingan ini dapat dilakukan dengan memberikan cetak tebal (bold), tulisan miring (italic), atau garis bawah (underline) pada kata atau kalimat yang kita gunakan sebagai keywordnya.

Cantumkan link antarhalaman posting.

Saat kita menuliskan sebuah postingan juga jangan lupa untuk mencantumkan link dari halaman postingan blog kita lainnya. Akan tetapi, pencantuman link ini juga tidak boleh sembarangan. Jangan membuat pembaca kebingungan karena kita asal pasang link tanpa memperhatikan keterkaitannya. Dengan link yang saling tertempel dalam masing-masing halaman posting blog kita ini akan membuat halaman postingan yang terkena link akan terseret masuk apabila ada salah satu halaman postingan blog kita yang masuk dalam halaman utama hasil pencarian search engine.

Optimalisasi gambar.

Saat kita memasukan gambar dalam postingan blog, pastikan jika gambar yang kita masukan tersebut terlebih dahulu memiliki nama simpanan sebelumnya yang mendukung keyword dari postingan kita. Misalnya saat itu kita sedang menulis postingan tentang cara membuat pecel lele. Maka, saat kita memasukan gambar ikan lele sebaiknya gambar tersebut memiliki nama simpanan seperti cara buat ikan lele, ikan lele, buat ikan lele, dsb. Pada saat kita menulis postingan, klik bagian edit HTML yang letaknya di sebelah compose. Pada bagian gambar yang sudah terupload, cari keterangan alt. Nah, masukan keyword yang kita harapkan setelah keterangan alt tersebut.


Setelah beberapa cara Penerapan Teknik SEO On Page, sekarang kita beralih ke Penerapan Teknik SEO Off Page. Teknik SEO Off Page ini juga tidak kalah pentingnya jika dibandingkan dengan Teknik SEO On Page.

Bagaimana menerapkan Teknik SEO Off Page dalam blog kita ini?

Definisi dari Seo Off Page yaitu Menanamkan Link Blog Kita di website orang lain. Teknik Ini adalah kebalikannya dari teknik On page, artikel yang telah saya posting sebelumnya. Jika teknik Seo Onpage adalah teknik optimasi blog dengan mengoptimalkan blog dari blog kita sendiri, Seo Off page mengoptimalkan blog di website orang lain.

Teknik Seo Off page Sangat Penting untuk menunjang blog dalam persaingan serp. tekni ini tidaklah sesimple onpage Anda harus melakukan optimasi di luar blog Anda. ada beberapa tips yang akan saya berikan dan saya harap dapat membantu anda untuk optimalisasi blog.

Optimasi dengan membuat backlink adalah langkah pertama yang harus anda lakukkan, Backlink artinya Linkbalik yang maksudnya Link yang mengarah ke blog anda dari blog orang lain yang anda tanamkan. Untuk menanam backlink tidak semua orang mau memberi dengan suka rela tanpa mendapatkan keuntungan dengan memberikan link untuk anda. Backlink mampu mendorong blog kita di mesin pencari sampai posisi teratas.

Jika anda menanamkan backlink di situs orang lain bentuk link sebaiknya berbentuk anchor teks, Anchor Teks Artinya adalah link yang mengarah ke blog anda dengan menggunakan kata kunci yang di targetkan. Contohnya kata kunci yang anda targetkan adalah ” Teknik Optimasi Blog ” keywordnya di arahkan ke blog anda. untuk membuat anchor teks bentuk htmlnya seperti ini

<a href=”http://alamat url blog atau url artikel anda”>kata kunci yang anda targetkan</a>

Untuk membuat link building atau backlink yang kuat Anda bisa menanam bakclink dengan mensubmit artikel anda di beberapa social di internet seperti social news, social bookmark dan lainnya, teknik ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas backlink di mata search engine.

Jika anda ingin mencari mana yang social news dan social bookmark anda bisa pergi ke http://socialmarker.com klik pilihan news maka situs yang merupakan social news akan di beri tanda checklist begitupun dengan social bookmark. setelah anda tahu mana yang social news dan yang social bookmark anda kunjungi situs yang di beri tanda checklist dan anda bookmark di browser anda. Setelah itu submit artikel anda pada semua social news dan social bookmark.

Seo Off Page dengan mensubmit ke layanan ping maksudnya adalah memberi tahukan kepada search engine keberadaan blog kita untuk di indeks dan di publikasikan di search engine. Untuk menggunakan layanan ini sebaiknya setiap anda menulis artikel terbaru langsung ping artikel terbaru anda dan lakukan ping sekali saja agar tidak di anggap spam oleh search engine. Langkah ini sangat penting agar blog anda benar-benar di kenali oleh search engine lebih cepat. Layanan ping yang biasanya saya gunakan adalah PingOmatic.com .

Terlihat cukup mudah bukan teknik seo off page ini, beratnya melakukan optimasi dengan teknik ini adalah banyaknya social yang harus di submit agar semakin banyak backlink yang di tanam. Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink contohnya seperti memberikan komentar di blog orang lain secara rutin menjalin hubungan sesama blogger dan bisa saling bertukaran link. Perlu di ingat untuk memberikan komentar tidak perlu memilih blog yang doffolow baru mau memberi komentar karena dengan memberi komentar blog anda memiliki potensi untuk di kunjungi oleh orang lain.

Bagaimana? Cukup jelas bukan mengenai Teknik SEO On Page Dan Teknik SEO Off Page ini ?
Jika penggunaan SEO sangat bagus, maka kualitas blog kita pun juga akan ikut terangkat dengan baik. So, mari kita mulai dengan mengerjakannya sekarang! Happy Blogging.

2 Responses to "Cara Menerapkan Teknik SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog"

  1. Merasa puas saya dengan membaca artikel ini dan menambah pengetahuan bagaimana mengoptimalkan blog lebih seo onpage dan off page sehingga makin ramah di mesin pencari google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali gan, dengan menerapkan teknik SEO On Page dan SEO Off Page maka blog kita akan semakin terlihat ramah di mesin pencari. terima kasih gan atas kunjunganya.

      Hapus