Cara Mudah Berjualan di Online Shop

Cara Terbaru dan mudah untuk berjualan di Online Shop untuk pemula, serta beberapa alat yang harus digunakan untuk berjualan di Online Shop. Semakin maraknya Usaha dan Bisnis Online, membuat beberapa Media Sosial atau MedSos banyak digunakan sebagai alat untuk mempromosikan dan menjual barang-barang daganganya. Seperti Facebook dan Instagram.

Menyadari banyak yang bisa berjualan di online dan banyak juga yang tidak  kenapa? Padahal kalau ngomong kasar kita sama-sama makan nasi, sama-sama hidup didalam dunia yang sama, sama-sama baru rintis, apa yg bedain? simple niat dan kegigihan untuk maju itu yang membedakan. Nah karena itu hari ini sebagai online marketer terutama di Facebook, saya akan mencoba menjabarkan beberapa tips sederhana buat Anda yang baru mulai berjualan di Online Shop atau buat mereka yang uda lama tapi omsetnya masih dibawah 1 juta per bulan.

Mau punya omset diatas 1 juta per bulan kan?
Cara Mudah Berjualan di Online Shop

Ok berikut adalah beberapa alat-alat yang harus dimiliki dan dipersiapkan untuk menjalankan sebuah Online Shop

Komputer/Laptop
Kenapa? Yah kalau ga punya sementara bisa di warnet cuma akan sangat membengka biayanya. Disarankan sih pnya sendiri. Untuk online shop tidak dibutuhkan computer yang canggih .. kalau saat ini cukup cari yang Pentium 4 biasa aja cukup kok. Atau kalau ga standard minimum Pentium 4 dual core aja. Dengan 1 buah monitor saya rasa harganya sekitar 1-2jutaan sudah dapat saat ini.

Modem+Internet
Kalau yang ol shop nya dirumah seperti saya bisa menggunakan Modem Aha/Smart/Speedy, cari aja yang agak murah meriah dan cepet. Seperti AHA ada yang paket 500rb modemnya, dan bulanannya hanya 100rb, ada juga alternative yg lainnya

Aplikasi BBM dan Sejenisnya
Banyak Aplikasi Seluler yang bisa digunakan untuk berjualan Ol Shop, seperti BBM, WA, Line dan Aplikasi sejenisnya. kali ini saya Ambil contoh dari Aplikasi BBM. Penting gak sih? Banyak yang nanya pentingya BB untuk berjualan, menurut saya penting. Kenapa? Karena dengan menggunakan BB akan memudahkan kita untuk berjualan, pertama fitur sms nya yang bisa melacak sms sebelumnya.

Kemudian fasilitas BBM yang bisa memudahkan komunikasi dengan reseler/customer, dan yang paling penting fasilitas emailnya di on kan(sekitar 60-125rb tergantung provider) tapi kalau kita punya album sudah rapi dan sudah jelas jadi kita ga perlu didepan kompi lagi. Cukup pake BB, dan bagusnya di BB juga kita bisa bikin grup jualan jadi orang-orang yang punya BB bisa langsung liat dan beli barang kita via BB

Program Excell dan Sejenisnya
Untuk data penjualan, akan lebih baik kalau kita punya format sederhana seperti : Kode transaksi - Tgl transaksi – nama cust- alamat – no hp – barang yang dibeli – harga barang- ongkir – total barang – jumlah yang uda dibayarkan- no resi dari pengiriman paket tersebut.

Kode transaksi berguna untuk tau kapan kita transaksi nya dan siapa
Contoh saya buat kodenya : f01-2211-2011 (artinya f kode sales, 01 penjualan ke berapa di hari itu oleh si sales, 2211 – tgl transaksi, 2011 tahun transaksinya).
So mempermudahkan kalau nanti kita punya karyawan banyak jadi tau siapa aja nih yg aktif jualan. Dan juga untuk program stok barang.. kalau barang kita dropship atau minta org kirimin sih mungkin blm perlu tapi kalau uda stok (yang dimana kita semua harus kearah sini nantinya ) tentunya kita butuh satu laporan ttg stok barang kita.

Program Networking
Seperti dropbox ( dimana bisa sincronize / menyamakan antara data kita di computer dengan computer lain, bb , ipad, android , mac ) dan lain-lain. Jadi jika saya mengubah data saya di computer A maka secara otomatis data di computer B akan berubah juga, jadi kalau ada 2 orang yg berbeda yang menggunakan data yang sama hal ini akan sangat membantu. Terutama buat cek stok barang dari supplier ini juga penting Jadi bisa dapatkan data update secara realtime dan bagusnya adalah ketika ada yg update secara otomatis kalau internet kita konek maka computer/bb/laptop kita itu akan otomatis juga update datanya.

Peralatan Membungkus/Packing
Tentunya anda butuh peralatan seprti gunting, plastik kresek, Koran, dus, kertas label dan lain-lain  untuk membungkus. Nah saya menyarakan agar Anda bangun image nya terlebih dahulu, contoh kalau mau diimagenya bagus, missal kirim dengan kertas kado yah mahal dikit tapi orang akan liat servis nya bagus bungkusnya rapi itu pengaruh..

Latihan menjadi Customer Services yang Ramah, Sopan, Sabar dan Berintegritas
Kenapa ? kita hidup didunia manusia yang social dimana kalau mereka suka dengan sesauatu mereka akan promosikan ke yang lain begitupula kalau mereka ga suka dengan sendirinya tanpa kita butuhkan mereka akan PROMOSIKAN Kejelekan kita ke orang lain juga. So Customer are king be nice to them, tapi kalau ada yg kelewatan yah dioper aja minta beli ama orang lain.

Rekening Bank
Anda juga harus menyiapkan sebuah Rekening Bank, yang mana nantinya itu buat transaksi Anda dengan Costumer atau pembeli. Lebih baik kalau bisa klikbca/klikmandiri/ mbanking. agar memudahkan ketika nanti kita mencek pembayaran dari orang lain.

Mindset dan Mental yang Benar Ketika Berjualan
Banyak saya temukan banyak orang yg gagal di online shop bukan karena mereka ditakdirkan untuk gagal tapi karena mental mereka yang kalah perang ataupun mindset mereka yang membuat mereka tidak mau bertindak keluar dari zona nyaman mereka. Banyak yang bilang yah online shop buat sampingan aja lah mana mungkin sih bisa berhasil. Eits siapa bilang? Banyak loh orang yang hanya urusin online shop dan penghasilan mereka diatas 5 juta per bulan ( diatas S1 loh, selevel manager, yang diatas itu ada lagi ga? Ada ! dan banyak cuma tidak ketahuan aja)

Sebagai info saja : pengguna facebook di Indonesia sebesar 40 juta orang.. anggap lah potong kakek-kakek, nenek-nenek, anak kecil dan lain-lain, misal hanya 10% aja yang sanggup beli berarti sekitar 4 juta orang yang potensial membeli product kita. Pertanyaan saya apakah saat ini friends kita uda 4 juta? Uda berapa? 1rb? 2rb? Anggaplah 2rb. Artinya masi ada 3998000 potensial customer yang kita belum menemukan, dikit? BANYAK Kali. Itu angka yang cukup buat beberapa tahun kedepan.

Anggap lah yang jual barang seperti kita uda 100 orang. ok kita bagi aja. 3,998,000 dibagi 100 masi ada 39980 calon potensial customer. Dan parahnya kita lupa dari 2000 customer kita. pertanyaanya apakah hari ini Anda ada kirim paket sebanyak 2000? Kayanya blom sampai kan? Hehe jadi dari 2000 itu aja sebenarnya masih banyak potensial customernya.

Jadi kesimpulannya: MARKETNYA masih luas banget. Terlalu “picik” menurut saya kalau kita bilang di Media Sosial sudah gak bisa jualan, terlalu banyak yang jualan itu cuma kata-kata dari mereka yang berpikiran sempit karena faktanya masih banyak. So ayo ubah mindset mu!

Lalu masalah mental. Masa baru jalanin ol shop dari 0 terus kita lihat gak laku-laku selama 2 minggu kita nyerah. Hei usaha apa saja yang sudah Anda lakukan? Kalau cuma 2 minggu Anda nunggu bola? Yah pasti ga laku lah, kejar donk bola nya cari market pasar yang cocok

Istilah katanya gini jangan jualan ke bapak-bapak mainan anak-anak, yah gak laku. Marketnya ga masuk bung, hari-hari ini banyak dari ol shop owner tuh lupa maen add as friend ke semua orang,  bagus gak? Bagus sih tapi akan lebih baik kalau kita add orang-orang yang benar-benar potensial dan sesuai dengan market pasar kita.

Sebagai contoh : kalau jualan lingerie, yang dijadiin temen sudah pasti cari yang ibu-ibu muda, keluarga muda, jangan yang dibawah 17 tahun percuma deh gak bakal dibeli yang ada bikin mereka mikir yang tidak-tidak lagi, ngerti kan ya? Hehe maaf ni diambil contoh yang extrim biar jelas.

So kurang lebih begitu persiapannya. jadi sekarang sudah siap belum jualan online?

Itulah Artikel mengenai Cara Mudah Berjualan di Online Shop, dan Beberapa Alat yang digunakanya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang lagi mencari tentang masalah berjualan di Online Shop. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Berjualan di Online Shop"

Posting Komentar