Fakta Penting Tentang Penyakit Polio

Fakta yang berkaitan dengan Penyakit Polio - Inilah beberapa Fakta Tentang Polio. Tepatnya pada tanggal 24 Oktober, merupakan hari Polio sedunia atau World Polio Day. Yang mana setiap tanggal 24 Oktober semua negara akan memperingati hari polio sedunia. Tetapi tahukah Anda apa itu Polio? dan Fakta penting apa mengenai penyakit polio ini?. Polio atau poliomyelitis adalah penyakit virus yang sangat mudah menular dan menyerang sistem saraf, khususnya pada balita yang belum melakukan vaksinasi polio. Pada kasus yang parah, penyakit ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas, kelumpuhan, atau dan kematian.

Setiap balita memang dianjurkan untuk imunisasi polio dengan memberikan vaksin. Tentu saja dengan tujuan agar balita bisa terhindar dari bahayanya penyakit polio ini. Biasanya pemberian vaksin polio ini diberikan kepada balita yang berumur dibawah tiga tahun. Untuk Anda yang seorang Ibu dan mempunyai balita agar segera diberikan suntik vaksinasi polio dan ini sangat dianjurkan oleh pemerintah.

Fakta Penting Tentang Penyakit Polio

Selanjutnya Anda harus mengerti mengenai fakta-fakta penting mengenai penyakit polio ini. Dan inilah Fakta Tentang Penyakit Polio yang harus Anda tahu.

Fakta Tentang Penyakit Polio

  • Penyakit Polio atau poliomyelitis bisa menyerang segala usia termasuk orang dewasa dan orang tua, Akan tetapi sekitar 70% virus polio ini menyerang balita dibawah umur tiga tahun, sehingga sering disebut Infactile Paralysis.
  • Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus polio, yang merupakan Genus Enterovirus dan famili Picomaviridae. Dari asal katanya pico yang berarti kecil menunjukkan bahwa virus ini memang merupakan virus dengan ukuran paling kecil. Ada tiga jenis polio antara lain Brunhilde, Lansig, dan Leon. Penyakit polio ini merupakan jenis penyakit yang sangat mudah menular dan menyerang sistim saraf.
  • Ada dua jenis penyakit polio yang bahaya, yaitu Polio non Paralisis dan Polio Paralisis. dari kedua jenis tersebut ada perbedaan dari efek yang disebabkanya. Untuk jenis Polio non Paralisis, ini efeknya tidak menyebabkan kelumpuhan. Dan untuk jenis Polio Paralisis, ini efeknya bisa menyebabkan kelumpuhan. Karena, virus akan menginfeksi batang otak, dan saraf tulang belakang.
  • Gejala penyakit ini biasanya dimulai dengan demam, lemah otot, muntah, letih, sakit tenggorokan, adanya radang pada membran otak(Meningitis) dan tubuh terasa kaku dan sakit. Jika polio semaakin parah bisa menyebabkan kesulitan nafas, kelumpuhan dan bahkan bisa menyebabkan kematian.
  • Biasanya Virus Polio masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang sudah bercampur dengan kotoran manusia yang mengandung virus polio. Maka untuk itu, agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan dan minuman yang Anda berikan ke balita.
  • Imunisasi Polio diberikan sebanyak 4 kali. yang di antaranya pada usia balita 2 bulan, 4 bulan, dan antara 6-12 bulan. Untuk penguatnya imunisasi bisa dilakukan lagi pada usia 4-6 tahun. Selain diberikan kepada anak, orang tua juga dianjurkan untuk melakukaan imunisasi Polio.
  • Walaupun Indonesia telah dinyatakan bebas Polio pada tahun 2014, Badan Kesehatan Dunia atau WHO, masih mewajibkan indonesia untuk melakukan program imunisasi Polio, khususnya kepada anak-anak dan balita.
  • Pada tahun 1988, Polio mewabah di 125 negara dengan 350.000 korban berjatuhan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Program eradikasi yang masif, Polio  sudah hampir hilang dari dunia, akan tetapi akhir-akhir ini WHO mencatat adanya waabah Polio di sejumlah negara yang dilanda konflik seperti Suriah dan Afghanistan.
Setelah mengerti mengenai Fakta Polio, maka dianjurkan agar Anda yag seorang ibu harus selalu memberikan imunisasi sesuai dengan prosedur dan program. Sayangi balita Anda dengan menjaga serta merawat sang buah hati agar selalu sehat dan terbebas dari virus.

Itulah Artikel mengenai Fakta Penting Tentang Penyakit Polio yang bisa saya berikan, Agar Informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Salam Sehat.

0 Response to "Fakta Penting Tentang Penyakit Polio"

Posting Komentar