Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Penyebab Kulit Berminyak dan Cara Mudah Mengatasi Kulit Berminyak - Mempunyai kulit berminyak memang menjadi momok yang menyebalkan, apalagi bagi kalangan anak muda dan para remaja. Mempunyai kulit yang berminyak, kadang kita merasa malu dengan teman, apalagi saat nongkrong bareng. Akan tetapi, kulit berminyak tentu saja ada penyebabnya dan mungkin penyebab hadirnya kulit berminyak sering Anda lakukan tanpa Anda sadari.

Penyebab kulit berminyak tentu disebebkan oleh beberapa hal yang bisa memicu timbulnya minyak pada wajah Anda. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu timbulnya minyak pada wajah, disini ada beberapa cara mengatasi kulit berminyak yang mungkin ini terjadi pada Anda.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Sebelum kita berbicara mengenai Cara Mengatasi Kulit Berminyak, Anda perlu tau Apa Penyebab Timbulnya Minyak Pada Wajah Anda. Mungkin dari beberapa penyebab berikut ini sering Anda lakukan dalam kehidupann sehari-hari. Lantas Apa Sajakah Penyebab Timbulnya Minyak Pada Wajah? Lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:

Penyebab Kulit Berminyak
1. Memakan Sembarang Makanan
Penyebab timbulnya kulit berminyak bisa disebabkan karena memakan sembarang makanan. Kurangilah makan makanan yang mengandung kadar lemak dan kolestrol tinggi. Bila berlebihan mengkonsumsinya, tanpa kita sadari kadar minyak dalam tubuh akan semakin meningkat. Kekurangan nutrisi dan vitamin juga dapat menyebabkan kulit berminyak.

2. Memakai Kosmetik Yang Asal-asalan
Memakai Kosmetik yang asal-asalan bisa juga sebagai pemicu timbulnya kulit berminyak. Berhati-hatilah memilih kosmetik, karena salah menggunakan produk dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, apalagi saat ini banyak kosmetik yang beredar dipasaran mengandung zat kimia berbahaya. Untuk mengetahui ciri-ciri kosmetik yang berbahaya anda bisa baca Ciri-Ciri Kosmetik Yang Berbahaya.

3. Pola Hidup Tak Sehat
Tidur tidak teratur adalah kebiasaan tidak baik yang dapat membuat minyak pada wajah mengumpul. Ini juga menjadi faktor timbulnya kulit berminyak pada wajah Anda. Terapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan tidur yang teratur.

4. Faktor Keturunan
Bila orang tua memiliki wajah yang berminyak, dan kulit wajah anda juga berminyak. Itu berarti wajah berminyak anda disebabkan oleh faktor keturunan. Biasanya faktor keturunan ini memang pasti terjadi dan kadang susah untuk di atasi, paling tidak bisa mengurangi minyak pada wajah

5. Ketidak Seimbangan Hormon
Ketidak seimbangan hormon Sering dialami oleh perempuan pada masa pubertas dan sedang dalam keadaan hamil, hal tersebut dapat menjadi penyebab kulit wajah menjadi berminyak.

6. Sering Stress
Ketika anda stress, Produksi hormon kortisol akan meningkat sehingga produksi minyak dari kelenjar minyakpun akan meningkat. Ini menyebabkan tubuh anda menghasilkan minyak berlebih dan membuat wajah anda berminyak. Untuk itu, jaga selalu perasaan anda, jangan berfikir terlalu tegang agar anda tidak stress yang nantinya bisa menyebabkan timbulnya minyak pada wajah Anda.

7. Peningkatan Suhu
Peningkatan suhu dapat menyebabkan produksi minyak dalam tubuh meningkat. Seperti di musim panas, kulit dapat lebih cepat berminyak. Sehingga wajah anda terlihat mengkilap karena berminyak. Selalu jaga suhu badan Anda, walaupun dalam cuaca panas atau dingin.

Dari beberapa penyebab timbulnya minyak pada wajah yang telah dijelaskan diatas, lebih baik Anda tidak lagi melakukan aktivitas yang bisa menimbulkan kulit berminyak. Mulai sekarang hindari hal-hal yang bisa memicu terjadinya kulit berminyak.

Sekarang kita bahas mengenai Cara Mengatasi Kulit Berminyak Pada Wajah. Untuk cara-cara berikut ini, bisa Anda coba dan terapkan didalam aktivitas sehari-hari Anda, agar wajah Anda bisa terhindar dari minyak yang berlebih. Dan inilah Cara Mengatasi Kulit Berminyak. 

Cara Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah
Menggunakan Masker Lemon
Salah satu cara yang mudah untuk mengatasi kulit berminyak adalah menggunakan masker dari buah lemon. Lemon mengandung vitamin C yang dapat menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Anda dapat membuat masker wajah dari lemon caranya dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dan madu lalu oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Menggunakan Masker Pisang
Selain Lemon, memakai buah pisang sebagai masker juga merupakan cara efektif mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah Anda. Pisang mengandung vitamin A, C, dan E yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Anda dapat membuat masker pisang dengan cara, menghaluskan masker pisang dan mengoleskannya pada wajah. Diamkan selama 20 menit lalu basuh muka dengan air hingga bersih.

Menggunakan Masker Putih Telur
Selain dari buah-buahan yang bisa dipakai sebagai masker, Putih telur juga bisa Anda gunakan sebagai masker untuk mencegah kulit berminyak. Gunakanlah putih telur sebagai masker, oleskan putih telur pada wajah anda. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap malam untuk mengatasi kulit berminyak.

Menggunakan Masker Bengkoang
Masih dari buah-buahan, selanjutnya ada buah Bengkoang yang bisa Anda gunakan sebagai masker. Bengkoang bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak dan mengecilkan pori-pori wajah. Buatlah masker bengkoang, dengan memblender bengkuang yang sudah dicuci bersih. Lalu oleskan ke wajah anda diamkan hingga 15 menit dan bilas hingga bersih.

Menggunakan Masker Mentimun
Buah Mentimun, selain untuk bahan makanan Mentimun juga bisa mencegah timbulnya kulit berminyak. Mentimun berguna untuk mengatasi kulit berminyak. Anda bisa memblender mentimun dan oleskan ke wajah atau bisa juga memotong mentimun tipis-tipis seperti gambar diatas, diamkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu basuh dengan air. Lakukan hal ini 2 kali dalam seminggu.

Menggunakan Masker Alpukat
Selain buah Pisang, Lemon, Mentimun dan Bengkoang. Buah Alpukat juga menjadi salah satu buah yang bisa mengatsai kulit berminyak. Alpukat berguna untuk menyerap minyak . Caranya mudah, yaitu dengan mengoleskan alpukat yang sudah dihaluskan ke wajah Anda, lalu diamkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat.

Membasuh Wajah dengan Air Hangat
Selain Memakai bermacam-macam buah sebagai masker untuk mencegah timbulnya kulit berminyak pada wajah, Memakai air hangat juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit berminyak. Ambil handuk kecil, lalu celupkan ke air hangat, lalu lap atau kompreskan ke wajah anda selama beberapa menit. Lakukan hal ini setiap malam.

Dari cara-cara mengatasi kulit berminyak pada wajah yang telah dijelaskan diatas, bisa Anda coba dan Anda terapkan dirumah, Cara yang sangat mudah dan bahan yang mudah didapat, Anda bisa membuatnya tanpa Anda harus susah payah mencari sabun pencuci muka agar terhindar dari wajah berminyak.

Itulah Penjelasan mengenai Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak pada wajah Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda semua. Selamat Mencoba.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak"

Posting Komentar