Cara Menjaga Usus Agar Tetap Sehat

Tips Mudah Menjaga Usus Agar Tetap Sehat. Usus, merupakan organ tubuh yang penting, maka dari itu, kita diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan dari usus tersebut. Usus sendiri terbagi menjadi dua yaitu Usus Besar dan Usus Kecil. Usus juga berperan penting dalam percernaan makanan yang kita makan, sebelum makanan masuk ke lambung, terlebih dahulu melewati usus. Ada banyak cara untuk menjaga usus agar selalu sehat, salah satunya dengan makan yang teratur serta memperhatikan makanan yang kita makan. Jika usus kita sehat maka akan terhindar dari penyakit kanker usus.

Usus juga mempunyai fungsi untuk menyerap air, natrium, vitamin, dan juga lemak larut. Usus penting dalam hal pencernaan, apabila pencernaan kita lancar maka usus kita juga akan sehat. Banyak orang yang tidak memperdulikan kesehatan usus sehingga mereka sering kali merasakan sakit di area perut, dan mereka tidak menyadari bahwa jika usus tidak sehat dan pencernaan tidak lancar bisa beresiko terkena penyakit usus buntu.
Cara Menjaga Usus Agar Tetap Sehat

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan usus agar pencernaan lancar.

1. Sering Makan Dengan Porsi Kecil

Tindakan mengonsumsi makanan secara langsung dengan jumlah yang besar bisa membuat usus bekerja dengan keras. Akibatnya kinerja usus pun bisa terganggu. Sehingga sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan porsi kecil dan ulangi jika Anda masih terasa lapar. Serta jangan lupa untuk selalu minum air agar sirkulasi makanan Anda lancar.

2. Mengkonsumsi Makanan Segar
Makanan segar yang rendah zat pengawet berperan besar dalam menjaga kesehatan usus. Oleh karenanya pastikan bahwa menu makanan Anda didominasi oleh makanan segar yang tinggi akan serat.

3. Mengkonsumsi Makanan Berbakteri Probiotik
Bakteri probiotik bermanfaat untuk meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus. Bakteri ini sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus Anda.

4. Kurangi Gula
Gula meningkatkan produksi asam di lambung serta mendorong empedu untuk bekerja lebih keras. Di samping itu, gula juga mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus. Oleh karena itu kurangi konsumsi gula Anda.

5. Kurangi Stress
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Gut, dikatakan bahwa stres bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda khususnya usus. Para peneliti berpendapat bahwa stres bisa membuat usus meradang yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatis yaitu sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus.

6. Istirahat cukup
Istirahat cukup dengan waktu tidur 8 jam setiap hari bermanfaat untuk mengatur hormon dalam usus yang berfungsi mengontrol rasa lapar dan kenyang serta meningkatkan sistem kekebalan usus.


Nah hal yang paling penting dari beberapa hal diatas untuk menjaga usus anda tetap sehat ialah dengan anda menjauhi berbagai macam jenis makanan jahat serta rokok. Sebab makanan tersebut hanya mengandung zat beracun yang bisa mengotori usus Anda.

Demikianlah Artikel mengenai Cara Menjaga Usus Agar Tetap Sehat. Semoga dengan Anda menerapkan cara-cara diatas, Usus Anda akan selalu sehat dan pencernaan akan Lancar. Semoga Bermanfaat.

2 Responses to "Cara Menjaga Usus Agar Tetap Sehat"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-whitening-body-series/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga telah mampir sis. siap sis meluncur.

      Hapus