Cara Sukses Bisnis Makanan di Kantin Sekolah

Cara Ampuh Agar Sukses Berbisnis Makanan di Sekolah. Beberapa usaha yang bisa Anda coba di sekitar sekolahan salah satunya adalah membuka warung makanan atau kantin. Usaha kantin sekolah adalah salah satu dari beberapa usaha yang omsetnya cukup menjanjikan, selain mudah menemukan lokasi serta banyaknya jumlah sekolah saat ini, membuka kantin menjadi peluang besar dalam merintis usaha dan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Hampir setiap murid atau guru akan menjadi pelanggan, maka bisnis kantin sekolah dianggap sangat potensial. Dengan modal yang tidak terlalu besar, bisnis ini akan berjalan baik apabila telah melakukan beberapa cara, persiapan serta perhitungan secara maksimal. Meskipun bisnis makanan dikantin sekolah terlihat sederhana, bukan berarti Anda bisa langsung berjualan dan membuka bisnis kantin.

image source : loop.co.id

Sebelum menjalankan usaha kantin, ada beberapa hal atau cara yang harus Anda persiapkan antara lain Survei lokasi, mengamati calon kompetitor, mencari tau harga sewa tempat, dan sebagainya. Usaha kantis sekolah bisa dikatakan tidak segampang dan sesulit seperti yang kita bayangkan, membuka usaha kantin sekolah tidak semata-mata hanya membuka begitu saja tanpa memperhatikan cara dan hal yang harus Anda lakukan agar usaha kantin sekolah Anda bisa berjalan dengan baik dan Sukses.

Cara yang harus Anda persiapkan sebelum membuka usaha kantin sekolah

1. Melakukan Survei Lokasi

Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan survei lokasi, demi lancarnya usaha kantin sekolah Anda perlu mencari lokasi yang tepat, tidak asal-asalan. Karena itu, Survei lokasi menjadi hal yang wajib dilakukan. Kulpulkan informasi sebanyak mungkin tentang usaha kantin diberbagai sekolah.

Dalam pemilihan lokasi, Anda perlu mempertimbangkan berbagai segi, salah satunya adalah mencari tau informasi jumlah siswa di sekolah incaran, semakin banyak jumlah siswa maka semakin besar peluang usaha kantin Anda laris. Selain itu Anda juga harus mencari tau makanan apa yang menjadi favorit para siswa.

2. Amati Jenis Makanan Kompetitor

Setelah Anda mendapatkan lokasi, maka selanjutnya adalah Anda harus mengetahui jenis makanan apa saja yang sudah ada, berapa harganya dan bagaimana cara mereka melayani pelanggan. Nantinya, setelah Anda amati betul kompetitor Anda, maka Anda akan bisa menganalisa apa kekurangan mereka. Dengan begitu, ketika Anda melakukan pelayanan yang lebih baik serta menyajikan makanan yang lebih menarik.

3. Sesuaikan Makanan dengan Konsumen

Cara ini harus Anda lakukan karena beda jenjang sekolah, beda pula jenis makanan yang diperjualkan. Sebab ada perbedaan selera antara makanan dan jajanan untuk anak-anak sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pertimbangkan pula darimana saja kalangan mayoritas murid sekolah tersebut. Apabila mayoritas murid dari kalangan menengah kebawah maka Anda bisa mematok harga yang sesuai. Sedangkan jika mayoritas murid dari kalangan menengah ke atas maka Anda bisa mematoknya dengan harga yang lebih tinggi.

4. Perhatikan Sistim Keamanan

Sebelum Anda membuka kantin di sekolah pastikan sistim keamanan di lokasi memadai dan terjamin keamananya. Cari tau tipe kantin di sekolah, apakah memiliki rolling door atau tidak. Cari tau secara detail tentang hal ini agar barang-barang berharga Anda tidak hilang.

5. Dapatkan Izin Resmi Dari Pihak Sekolah

Agar Anda bisa membuka bisnis kantin sekolah secara berkelanjutan, tentu Anda membutuhkan izin usaha dari pihak sekolah. Biasanya dengan membuat proposal lalu memberikan sample makanan yang akan dijual. Anda bisa melakukanya ke berbagai sekolah jangan hanya satu sekolahan saja. Proposal yang Anda ajukan harus berisi penjelasan produk yang akan Anda jual hingga peralatan yang Anda gunakan.

Sebelum Anda memulai usaha bisnis makanan di kantin sekolah, Anda perlu memperhatikan hal-hal yang telah dijelaskan di atas. Agar Usaha Anda bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Jangan hanya bermodalkan nekat, tetapi Anda harus tau mengenai Cara Sukses Bisnis Makanan di Kantin Sekolah. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Cara Sukses Bisnis Makanan di Kantin Sekolah"

Posting Komentar