Pengertian Clickbait, Cara Penerapan dan Bahayanya

Apa itu Clickbait, Bagaimana cara penerapanya dan apa bahayanya. Pernah sesekali saya kena Clickbait saat menjumpai sebuah postingan di media sosial dan di website. Ternyata banyak dari postingan itu sifatnya menipu, Judul sama isi konten tidak sesuai dan bahkan membuat saya bingung dengan apa yang disajikan. Untuk itu saya berinisiatif membuat sebuah artikel mengenai Clickbait, Cara Penerapanya dan Bahayanya.

Mungkin kalian juga pernah mengalami kejadian yang sama seperti saya, yang tertipu dengan judul dan tumbnail dari sebuah artikel atau video, Dimana kita penasaran dengan apa yang disajikan di judul dan tumbnail dan setelah kita klik ternyata isinya tidak sesuai dengan judul atau tumbnailnya. Untuk itu mari kita bahas mengenai Apa itu Clickbait, bagaimana cara penerapanya dan apa bahayanya.

Pengertian Clickbait, Cara Penerapan dan Bahayanya
image source : steve-lovelace.com

Pengertian Clickbait

Ckickbait atau jebakan klik adalah sebuah istilah yang mempunyai gambaran hanya untuk mencari viewer saja tanpa mempedulikan isi dari konten tersebut. Judul sama isi dari sebuah artikel tidak sesuai dan malah tidak ada hubunganya. Biasanya ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, apalagi sekarang banyak yang menjadi publisher. Dan mengorbankan kualitas dan akurasi dengan tergantung pada hal yang sensasional atau membuat sebuah gambar mini yang menarik mata sehingga para pembaca merasa penasaran, sehingga mengundang klick tayang,

Ketika kalian melihat sebuah judul yang sensasional atau yang lagi viral, kemudian kalian klik postingan tersebut ternyata isi dari artikel atau konten tidak sesuai dengan judul yang ditampilkan. Atau kalian yang sering mengunjungi youtube, pasti pernah mengalami tumbnail video yang tidak sesuai dengan isi daari video tersebut. Nah, itulah yang dinamakan Clickbait atau Jebakan Click.

Lantas bagaimana Cara Penerapan Clickbait itu sendiri?

Cara Penerapan Clickbait

Sebelum kita bahas mengenai cara penerapanya, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apakah Clickbait ini merupakan teknik SEO yang diperbolehkan atau tidak? Clickbait ini sendiri merupakan teknik SEO yang jahat. Kenapa bisa saya katakan jahat? karena Clickbait mempunyai arti menipu. Walaupun bisa menaikkan pengunjung tapi bukanlah hal yang disarankan, dan malah melanggar TOS dari pencarian Google sekaligus Ads sendiri.

Kalian juga harus mengetahui bahwa sekarang teknik Clickbait ini sudah tidak bisa lagi dibuat untuk teknik SEO Google, jadi hanya untuk mendongkrak viewer konten dalam satu portal berita saja. Untuk itu Cara penerapan Clickbait ini ada dua macam cara yang biasa digunakan oleh para blogger yaitu:

  1. Menggunakan judul. Cara penerapanya yang menggunakan judul, ini biasanya memakai sebuah judul yang heboh, viral atau yang sensasional. Dengan Judul yang heboh tersebut maka mengundang pembaca untuk menge-klik sebuah artikel atau video tersebut, padahal isi dari artikel atau video tersebut tidak sesuai dengan judulnya.
  2. Menggunakan Sebuah Cuplikan Media. Cara yang kedua ini biasa dilakukan dengan sebuah cuplikan yang mempunyai sifat provokatif, sehingga membuat orang yang melihatnya tertarik untuk menge-klik sebuah cuplikan tersebut. Padahal isi dari konten tidak sesuai dengan apa yang di tampilkan dalam cuplikan.
Mudahnya penerapan Clickbait ini, tak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali dari blogger diluar sana yang memakai salah satu dari dua cara diatas. Kalian bisa cek di youtube, masih banyak sebuah video yang judulnya tidak sesuai dengan isinya. Atau kalian juga bisa cek di beberapa media sosial yang memasang sebuah judul yang menarik tetapi isi kontenya tidak sesuai. 

Selanjutnya Apa Bahayanya dari Clickbait itu sendiri?

Bahaya Clickbait

Clickbait yang merupakan teknik SEO jahat tentu bisa berdampak pada hal yang buruk dan berbahaya. Yang namanya jahat mana ada sih yang berdampak pada kebaikan, Ya gak? Clikbait bisa dikatakan hal yang remeh, namun jangan salah dulu, Clickbait juga bisa menjadi ancaman serius dan berbahaya. Bukan sekedar berbahaya kepada pembaca tetapi juga berbahaya kepada pembuatnya. Lo, kok bisa? Coba kalian perhatikan dampak bahayanya dari Clickbait untuk pembaca dan pembuatnya.

Bahaya Clickbait Untuk Pembaca
  • Pembaca tidak akan menemukan informasi yang dicari. 
  • Membuang-buang waktu hanya untuk membaca yang isinya tidak sesuai dengan judul yang dicari.
  • Kalau tidak selektif dalam memilih dapat termakan Hoax dan Informasi yang palsu
  • Pembaca akan merasa kesal dan tertipu dengan isi konten yang tak sesuai dengan judul
  • Dan bahaya-bahaya lainnya.
Bahaya Clickbait Untuk Pembuat
  • Merusak Citra dan Kredibilitas dari media tersebut
  • Tidak akan mendapatkan respon baik dari pembaca
  • Artikel yang disajikan, akan menjadi artikel sampah
  • Artikel tidak akan bertahan lama di SERP mesin pencarian
  • Menurunkan kualitas dari sipenulis sendiri
Setelah kalian mengetahui dampak bahayanya membuat Clickbait, apakah kalian masih ingin mencobanya? Lebih baik lakukanlah hal yang positif, agar kedepanya akan menghasilkan sesuatu yang baik. Terutama kepada pembaca, karena sebuah Blog atau Website tanpa adanya pembaca maka seperti sebuah buku yang disimpan di peti mati.

Jadi intinya Clickbait itu adalah sesuatu yang buruk dan tidak pantas untuk di terapkan, apalagi kalian yang menjadi publisher. Postinglah artikel yang sesuai antara judul dan isi konten, agar para pembaca tidak tertipu dengan apa yang kalian sajikan. 

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai Pengertian Clickbait, Cara Penerapan dan Bahayanya. Semoga apa yang saya sampaikan bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kalian semua.

0 Response to "Pengertian Clickbait, Cara Penerapan dan Bahayanya"

Posting Komentar