Inilah Gejala, Bahaya Penyakit Sinusitis dan Akibatnya

Inilah Gejala, Bahaya Penyakit Sinusitis dan Akibatnya - Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Gejala, Bahaya Sinusitis dan Akibat dari Penyakit Sinusitis. Sebelum kita bahas akibatnya, terlebih dahulu kita bahas mengenai Apa itu Sinusitis? Apa saja Gejala Sinusitis? Apakah Penyakit Sinusitis ini berbahaya? Nah, untuk menjawab pertanyaan seperti itu mari kita simak penjelasan mengenai Penyakit Sinusitis berikut ini:

Apa Itu Sinusitis?

Sinusitis adalah Peradangan yang terjadi pada rongga dinding sinus akibat infeksi yang disebabkan oleh virus, jamur, bakteri ataupun karena alergi. Akibat dari peradangan tersebut rongga pada sinus tidak mampu mengeluarkan cairan sebagaimana mestinya, sehingga terbentuklah lendir pada rongga sinus tersebut.

Gejala Sinusitis.

Gejala pada penderita sinusitis ini, yang paling sering terjadi pada seseorang adalah hidung mampet, rasa nyeri pada wajah dan sakit kepela. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui gejala-gejala atau tanda-tanda penyakit Sinusitis. Sehingga kita bisa mendapatkan pengobatan sesegera mungkin. Adapun gejala penyakit Sinusitis yang biasa terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Mata dan bagian disekitar mata tidak bisa berfungsi
  2. Mata tampak membengkak dan merah
  3. Mengalami sakit kepala hebat
  4. Demam tinggi
  5. Mengantuk
  6. Mual dan Muntah
  7. Kesulitan Berjalan
  8. Penurunan kesadaran
Ketika Anda mengalami kondisi tersebut, maka segeralah periksa ke dokter atau datang ke rumah sakit terdekat agar Anda mendapatkan penanganandan pengobatan yang cepat dan tepat.

Akibat Bahaya Penyakit Sinusitis

Jika Sinusitis tidak segera diobati atau tidak segera ditangani maka kemungkinan akan menjadi sangat berbahaya bagi penderita sinusitis. Dan berikut Bahaya dari Penyakit Sinusitis.


1. Sinusitis Kronis
Penyakit sinusitis yang tidak mendapatkan penanganan serius bisa berkembang menjadi sinusitis kronis yang terjadi dalam waktu yang lebih lama yakni selama lebih dari 3 bulan.

2. Infeksi Rongga Mata ( Selulitis orbitalis )
Infeksi rongga mata adalah kondisi dimana adanya peradangan pada jaringan bagian ronga mata yang ditandai dengan pembengkakan kelopak mata, gangguan penglihatan, sulit menggerakkan bola mata, dan gangguan mata lainnya berdasarkan dengan lokasi infeksinya. Kondisi ini merupakan komplikasi yang sering timbul pada penderita penyakit sinusitis. Infeksi rongga yang tidak mendatkan penanganan cepat dan tepat bisa mengakibatkan gangguan daya lihat hingga kebutaan permanen.

3. Infeksi Pembuluh Darah Sekitar Sinus
Selanjutnya bahaya sinusitis adalah bisa menyebabkan infeksi pembuluh darah sekitar sinus atau yang dalam istilah medis disebut dengan cavernous sinus thrombosis. Kondisi ini ditandai dengan munculnya gejala turunnya kelopak mata, nyeri di sekitar mata, sakit kepala, dan demam.

4. Infeksi Tulang Bagian Depan Kepala ( Osteomyelitis )
Gejala yang timbul akibat kondisi ini hampit mirip dengan infeksi rongga mata yakni pembengkakan kelopak mata, namun bisa disertai demam tinggi, sakit kepala hebat, mual dan muntah dan rasa nyeri saat melihat cahaya. Operasi menjadi salah satu tindakan medis yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah atau kondisi ini.

5. Meningitis ( Radang Selaput Otak )
Infeksi yang muncul ketika terjadi peradangan pada selaput pelindung otak, cairan yang memenuhi sekitar otak, dan sistem saraf pusat. Gejalanya termasuk demam tinggi, sakit kepala berat, leher kaku, sulit berjalan, kebingungan, mual dan muntah.

6. Kehilangan Indra Penciuman
Komplikasi akibat sinusitis selanjutnya yang bisa dialami oleh penderita jika tidak diobati dengan serius adalah berkurangnya hingga hilannya kemampuan penciuman. Hal tersebut muncul sebagai akibat dari terjadinya pembengkakan dan infeksi pada saraf yang digunakan sebagai indera penciuman. Selain beberapa kondisi tersebut, sinusitis yang tidak diobati juga bisa memicu asma dan gangguan pada telinga.

Ketika beberapa gejala sinusitis mulai anda rasakan maka sebaiknya segera diatasi karena jika tidak penyakit sinusitis yang tidak mendapatkan penanganan secara serius dan tuntas bisa menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa, walaupuan komplikasi ini jarang terjadi. Dibandingkan dengan wanita pria lebih beresiko mengalami komplikasi penyakit sinusits.

Demikianlah artikel mengenai Inilah Gejala, Bahaya Penyakit Sinusitis dan Akibatnya yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Terima Kasih.

0 Response to "Inilah Gejala, Bahaya Penyakit Sinusitis dan Akibatnya"

Posting Komentar