Pengertian Penyakit Difteri Serta Gejalanya
Pengertian Penyakit Difteri Serta Gejalanya

Pengertian Penyakit Difteri Serta Gejalanya

Pengertian Difteri Serta Gejalanya - Akhir-akhir ini Penyakit Difteri lagi mewabah diberbagai daerah. Untuk itu Kenali Penyakit Difteri sejak dini serta Gejala yang timbul akibat terkena penyakit Difteri. Untuk lebih jauh mengenal Penyakit Difteri serta Gejalanya,

Pengertian Difteri Serta Gejalanya - Akhir-akhir ini Penyakit Difteri lagi mewabah diberbagai daerah. Untuk itu Kenali Penyakit Difteri sejak dini serta Gejala yang timbul akibat terkena penyakit Difteri. Untuk lebih jauh mengenal Penyakit Difteri serta Gejalanya, disini saya akan merangkumkan untuk Anda semua.

Umumnya penyakit Difteri ini menyerang pada anak-anak, maka dari itu sebagai orang tua harus selalu waspada dan memperhatikan kesehatan anak-anak Anda. Lalu Apa itu Difteri dan Apa Gejalanya?
Pengertian Penyakit Difteri Serta Gejalanya

Apa itu Penyakit Difteri?

Difteri adalah Merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae yang menyerang pada bagian selaput lendir (mocus) pada tenggorokan dan hidung. Dalam kondisi lain Difteri juga bisa menyerang pada kulit. Difteri juga termasuk salah satu penyakit infeksi yang berbahaya yang dapat berujung kematian jika tidak mendapatkkan penanganan yang tepat.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Difteri Serta Cara Mengobatinya

Lalu Apa saja Gejala dari penyakit Difteri ini?

Mengenal Difteri serta gejalanya memang diharuskan bagi kita semua yang merupakan orang tua. Difteri umumnya memiliki masa inkubasi atau rentang waktu sejak bakteri masuk ke tubuh sampai gejala muncul 2 sampai 5 hari. Untuk gejala-gejala penyakit Difteri antara lain:

  • Terbentuknya lapisan tipis berwarna abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel
  • Demam dan Menggigil
  • Sakit tenggorokan dan suara serak
  • Sulit bernafas atau nafas yang cepat
  • Pembengkakan kelenjar limfe pada leher
  • Lemas dan lelah
  • Pilek, awalnya cair tapi lama kelamaan menjadi kental dan terkadang bercampur darah
Gejala-gejala diatas memang kadang mirip dengan gejala penyakit lainnya, namun Anda harus selalu memperhatikan anak-anak Anda. Jika Anda mendapati salah satu gejala diatas pada anak Anda, sebaiknya Anda langsung bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat dikhawatirkan anak Anda terkena gejala penyakit Difteri.

Dihimbau untuk berhati-hati, saat ini Difteri sudah dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Penularan melalui droplet seperti dari ludah, batuk dan lain-lain seperti penularan TBC, jadi hindari tempat-tempat keramaian seperti tempat rekreasi dan pasar.

Sampaikan informmasi ini kepada keluarga atau teman dan kerabat dekat Anda. Agar mereka dapat mengetahui Penyakit Difteri serta Gejalanya lebi dini dan agar dapat melakukan pencegahan.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Penyakit Difter serta Gejalanya yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semua. Salam Sehat.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Tempat Membaca Informasi Digital Masakini

You Might Also Like: