Penyebab Penyakit Difteri Serta Cara Mengobatinya
Penyebab Penyakit Difteri Serta Cara Mengobatinya

Penyebab Penyakit Difteri Serta Cara Mengobatinya

Penyebab Penyakit Difteri Serta Cara Mengobatinya - Sebelumnya sudah saya posting artikel mengenai Pengertian Penyakit Difteri dan Gejalanya yang bisa Anda baca Disini!. Difteri. Merupakan peyakit menular yang berbahaya, biasanya penyakit ini terjadi pada anak-anak dibawah usia 5 tahun. Penyakit Difteri yang disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae ini termasuk penyakit yang mudah menular. Penyebab penyakit Difteri pada anak-anak biasanya karena lingkungan hidup yang kurang sehat serta pola hidup yang tidak sehat

Penyebab Penyakit Difteri Serta Cara Mengobatinya - Sebelumnya sudah saya posting artikel mengenai Pengertian Penyakit Difteri dan Gejalanya yang bisa Anda baca Disini!. Difteri. Merupakan peyakit menular yang berbahaya, biasanya penyakit ini terjadi pada anak-anak dibawah usia 5 tahun. Penyakit Difteri yang disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae ini termasuk penyakit yang mudah menular. Penyebab penyakit Difteri pada anak-anak biasanya karena lingkungan hidup yang kurang sehat serta pola hidup yang tidak sehat.

Penyebab Difteri dan Cara Mengobatinya ini harus Anda ketahui, Agar Anda bisa meminimalisir terjangkitnya penyakit ini kepada anak-anak Anda. Lalu Apa sajakah Penyebab Penyakit Difteri ini? Untuk itu, mari kita simak lebih lanjut.
Penyebab Penyakit Difteri Serta Cara Mengobatinya

Penyebab Penyakit Difteri

Bakteri Difteri berasal dari kelompok bakteri gram positif yang sifatnya sangat mudah menyebar, sehingga resiko difteri akan mudah mewaabah pada suatu daerah menjadi lebih tinggi. Pada awalnya bakteri difteri akan menginfeksi selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, namun pada tingkatan yang lebih lanjut bakteri difteri ini akan memproduksi zat racun bernama exotoxin yang tersebar lewat aliran darah dan dapat merusak organ vital seperti ginjal, jantung, jaringan syaraf, dan otak.

Penyebab umum terjadinya difteri seperti lingkungan yang kurang sehat, pola hidup yang kurang sehat, serta sering melakukan aktivitas di tempat-tempat yang kumuh atau kotor. Maka dari itu lakukan pola hidup sehat serta perhatikan kesehatan keluarga Anda.

Lalu Bagaimana Cara Mengobatinya?

Jika anak-anak Anda terserang penyakit Difteri, langkah yang harus Anda lakukan adalah segera bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat. Pengobatan pada pasien Difteri dilakukan dengan pemberian antitoksin difteri dan antibiotik seperti erythromycin dan penicillin.

Penderita difteri juga harus di isolasi agar tidak menyebarkan bakteri difteri kepada orang lain. Dalam retang waktu sekitar 2 hari setelah pemberian antitoksin dan antiboitik kepada penderita difteri, keadaanya akan mulai membaik. Dokter akan melakukan pemeriksaan apakah bakteri difteri sudah benar-benar tidak lagi menginfeksi tubuh pasien, apabila sudah bersih maka pasien dinyatakan sudah sembuh.

Mengenal difteri, gejala, penyebab serta cara mengobatinya memang dianjurkan bagi kita semua, apalagi kita yang berperan sebagai orang tua. Lindungi anak-anak Anda dan jauhkanlah anak-anak Anda dari lingkungan yang kurang sehat serta jangan lupa selalu perhatikan kesehatan dan pola hidup anak Anda.

Demikianlah artikel mengenai Penyebab Penyakit Difteri Serta Cara Mengobatinya yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lupa untuk memberikan informasi ini kepada keluarga, teman atau kerabat dekat Anda, agar mereka bisa mengetahui dan bisa mencegah penyakit difteri ini.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Tempat Membaca Informasi Digital Masakini

You Might Also Like: