Resep dan Cara Membuat Kimchi Korea Yang Lezat
Resep dan Cara Membuat Kimchi Korea Yang Lezat

Resep dan Cara Membuat Kimchi Korea Yang Lezat

Resep dan Cara Mudah Membuat Kimchi Korea Yang Lezat - Halo bunda semua dimanapun Anda berada, kali ini saya ingin berbagi Resep dan Cara Membuat makanan dari luar negeri tepatnya Negara Korea yaitu Kimchi Korea. Mungkin dari bunda belum ada yang tau mengenai makanan yang satu ini. Maka dari itu, saya akan berikan Resep serta Cara Membuat Kimchi Korea yang tentunya pasti Lezat.

Resep dan Cara Mudah Membuat Kimchi Korea Yang Lezat - Halo bunda semua dimanapun Anda berada, kali ini saya ingin berbagi Resep dan Cara Membuat makanan dari luar negeri tepatnya Negara Korea yaitu Kimchi Korea. Mungkin dari bunda belum ada yang tau mengenai makanan yang satu ini. Maka dari itu, saya akan berikan Resep serta Cara Membuat Kimchi Korea yang tentunya pasti Lezat.

Siapa yang belum tahu apa itu Kimchi? Kimchi merupakan makanan fermentasi. Makanan ini memang lagi hitz di negara korea bahkan di Indonesia juga ada di beberapa restaurant yang menawarkan menu makanan ini. Cara membuatnya yang tidak begitu rumit serta Resep yang mudah, membuat makanan ini cepat hadir di Indonesia, dan tentu saja Kimchi menjadi buronan para kuliner.
Resep dan Cara Membuat Kimchi Korea Yang Lezat

Nah, bagi Anda yang pengen tau Resep serta cara membuatnya bisa simak penjelasan berikut ini. Perlu Anda ketahui, mungkin nanti Cara serta Resepnya akan saya buat agak panjang, agar Anda semua bisa jelas serta tidak ada kesalahan dalam pembuatan dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan disini. Dan Resep ini saya buat khusus untuk lidah masyarakat Indonesia.

Cara Membuat Kimchi Korea

Sebelum Anda melakukan proses pembuatan, Anda perlu mempersiapkan Bahan-bahannya terlebih dahulu, Untuk bahan dari Kimchi adalah sebagai berikut:

Bahan - Bahan

  • 1 Sawi putih (ukuran sedang)
  • 5 batang Wortel
  • 2 batang Daun bawang
  • 100 gram Tepung beras
  • 1 bungkus Saos tiram atau kecap ikan(kalau ada)
  • 15 helai Cabai tanjung kering (kenapa harus cabai tanjung kering? karena, setelah di olah warnanya merah dan tidak pedas) Hampir mirip cabai Korea, tapi jika Anda memiliki bubuk cabai Korea lebih baik pakai itu. Hindari pemakaian bubuk cabai lokal, selain rasanya yang pedas, penggunaan terlalu banyak malah membuat pasta pahit.
  • Soda atau Sprite (sesuai selera, siapkan dulu 1 botol)
  • 1 sdt Garam
  • 3 sdm Gula pasir
Setelah bahan-bahan di atas telah Anda persiapkan, Selanjutnya Anda bisa memulai proses pembuatan makanan Kimchi Korea. Dan berikut langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Membuat Kimchi Korea

Cuci bersih Sawi putih, belah menjadi dua. Boleh juga langsung Anda potong-potong. Kalau menurut saya pribadi lebih suka lagsung di potong, supaya lebih praktis dan tidak belepotan seperti utuhan dan biarkan airnya tiris. 


Setelah airnya tiris, baluri sawi dengan garam. Diamkan dalam wadah jaring-jaring selama 4 jam. Jika sudah didiamkan selama 4 jam, selanjutnya cuci bersih sawi 2-3 kali cuci dengan air mengalir, supaya tidak ada garam yang tertinggal. Setelah itu, kupas dan iris wortel sepanjang satu setengah kuku jari dan tipis-tipis, lakukan juga pada daun bawangnya.

Membuat Pasta

Selanjutnya kita akan membuat Pasta nya dulu, dan caranya adalah sebagai berikut.
  • Larutkan 100 gram Tepung beras dengan air, masukkan sedikit garam, masak hingga ada letup-letup atau menyerupai bubur sumsum, setelah itu angkat dan dinginkan.
  • Keluarkan biji-biji pada cabai kering dengan cara di iris bagian sisi cabai( lebih mudah menggunakan gunting). Anda juga boleh tidak mengeluarkan biji cabe saran saya 2-3 helai saja biji cabe yang tidak di keluarkan. Jangan banyak-banyak nanti pedas.
  • Setelah semua biji di keluarkan, potong dua cabainya, kemudian seduh dengan air mendidih, diamkan selama minimal 30 menit supaya bakteri-bakterinya tersingkir. Setelah direndam, cuci bersih lalu blender, jangan tambahkan terlalu banyak air. Tambahkan sedikit air saja.
  • Setelah Bahan Pasta siap. Campurkan saus tiram, garam, gula ke dalam bubur beras. Setelah itu tambahkan cabai yang sudah di blender sedikit demi sedikit sampai warna merahnya pas. Lalu, beri sedikit soda atau sprit dan aduk hingga rata. Sampai disini Anda boleh mencicipi rasanya, jika masih belum cocok tambah gula atau garam sesuai dengan selera Anda.
Masukkan Sayur-Sayur untuk Fermentasi Kimchi

Setelah semua bumbu Pastanya sudah siap, sekarang bunda masukkan potongan wortel dan daun bawang, aduk hingga rata. Terakhir masukkan juga sawinya, dan aduk kembali dengan merata. Setelah semuanya siap, selanjutnya Anda persiapkan Stoples atau toples disarankan yang kedap udara ya bun.


Selanjtnya, masukkan Kimchi yang akan di fermentasikan ke dalam Toples, tutup rapat dan simpan di tempat baik, dengan suhu ruangan yang tidak terlalu panas selama 2 x 24 jam. Setelah masa fermentasinya selesai. Simpan Kimchi kedalam kulkas agar tahan lama.

Makanan Kimchi ini, paling enak dan cocok dimakan dengan Mie. Jika Anda penasaran dengan Rasanya, Anda boleh mencobanya dengan panduan Resep serta Cara yang telah saya jelaskan diatas.

Itulah Resep dan Cara Membuat Kimchi Korea yang Lezat yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang hobi memasak. Selamat Mencoba..
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Tempat Membaca Informasi Digital Masakini

You Might Also Like: