Tempat Wisata di Kota SOLO Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi
Tempat Wisata di Kota SOLO Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Kota SOLO Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di SOLO Yang Menarik di Kunjungi - Selain Yogyakarta, Kota Solo merupakan salah satu Kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata menarik dan wajib di kunjungi. Ada banyak tempat wisata alami maupun wisata buatan. Jika Anda kebetulan berlibur maupun bermain ke Kota Solo, tak ada salahnya jika Anda datang dan menikmati keindahan tempat wisata yang ada di Solo. Disini majalahmaya.net sudah merangkumkan beberapa tempat wisata di Solo yang menarik Anda kunjungi

Tempat Wisata di SOLO Yang Menarik di Kunjungi - Selain Yogyakarta, Kota Solo merupakan salah satu Kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata menarik dan wajib di kunjungi. Ada banyak tempat wisata alami maupun wisata buatan. Jika Anda kebetulan berlibur maupun bermain ke Kota Solo, tak ada salahnya jika Anda datang dan menikmati keindahan tempat wisata yang ada di Solo. Disini majalahmaya.net sudah merangkumkan beberapa tempat wisata di Solo yang menarik Anda kunjungi. Berikut Ulasanya.

Menikmati keindahan tulen dari pulau Jawa Tengah akan lebih tepat jika anda bisa berkunjung ke Yogyakarta dan Solo. Yogyakarta dan Solo memang memiliki obyek wisata yang sangat kaya dan sangat kental dengan budaya jawanya. Kota Solo sendiri dikenal sebagai Kota Surakarta yang memiliki letak kota yang cukup strategis di Provinsi Jawa Tengah.

Solo juga merupakan wilayah perlintasan jalan penghubung antara Kota Yogyakarta dengan Kota Semarang. Jadi saat anda berencana melakukan wisata ke Semarang dan juga ingin ke Yogyakarta, rasanya kurang afdol jika tidak mampir ke Solo untuk menikmati keindahan akan ukiran, budaya, pasar tradisional, dan tempat wisata solo yang lainnya.

Kota Solo sendiri memang tidak kalah jauh baiknya dengan kota Yogyakarta, namun kebanyakan orang lebih memilih membeli pakaian batik khas dari Solo ketimbang di Yogyakarta. Kemungkinan karena harga dari pakaian di Solo jauh lebih murah daripada di Yogyakarta.

Transportasi

Untuk melakukan wisata ke kota Solo, jika anda dari Yogyakarta atau Semarang anda tidak perlu berpikir panjang lagi. Karena untuk sampai ke kota batik ini, anda bisa menggunakan transportasi menggunakan kereta api atau bus. Dan bagi anda yang jauh tapi masih ingin mampir dan menikmati keindahan kota yang disebut juga sebagai Surakarta ini, anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pesawat terbang untuk sampai di sana.

Saat berada di Solo, bukan hanya berbagai tempat tradisional dan tempat wisata saja yang bisa anda kunjungi bersama teman atau keluarga tercinta. Anda juga bisa menikmati keindahan alam, dan keindahan lainnya yang bisa anda lihat dan nikmati saat berkunjung ke kota tersebut.

Obyek Wisata Solo Paling Populer

Melakukan wisata ke Pulau Jawa apalagi di daerah Jawa Tengah memang akan lebih enak jika kita bisa berkunjung dan menjajal semua obyek wisata atau daerah yang memang memiliki nilai budaya lebih bagus dan unggul diantara yang lainnya. Namun pastinya setiap daerah baik itu Yogyakarta, Solo, Semarang, atau daerah lainnya memiliki ciri khas dan ikon tersendiri yang memang sangat dikagumi dan dinikmati oleh para wisatawan yang datang dan berkunjung ke tempat tersebut.

Nah, bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata di Solo yang paling populer, berikut akan diberikan rekomendasi berdasarkan yang paling sering dikunjungi oleh para pelancong.

1. Keraton Surakarta

Tempat Wisata di Kota SOLO Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi

Bangunan keraton di surakarta ini memang memiliki nilai budaya yang tinggi dan sudah dibangun sejak tahun 1974 oleh Paku Buwono II. Lokasi dari tempat wisata Surakarta ini tidak jauh dengan pasar klewer yang merupakan pasar tradisional dari kota Solo tersebut. Jadi saat anda akan berkunjung ke keraton pastinya tidak akan afdol jika tidak mampir ke pasar klewer untuk membeli souvenir atau oleh-oleh khas Solo.

Nah, bagi anda yang ingin berkunjung ke Keraton Surakarta, tempat ini akan dibuka setiap hari pada pukul 08.30 hingga 14.00 WIB pada hari senin sampai dengan sabtu, dan hari minggu akan dibuka setiap pukul 08.30 hingga 13.00 WIB. Namun pastikan anda tidak berkunjung pada hari jum'at, karena pada hari tersebut keraton ini tutup.

2. Pasar Klewer

Tempat Wisata di Kota SOLO Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi

Setelah berjalan-jalan dan mengitari bangunan wisata yang bersejarah, akan lebih asyik dan seru lagi jika kita bisa membeli souvenir atau oleh-oleh di pasar klewer. Pasar klewer adalah salah satu tempat wisata belanja di Solo yang bisa dijadikan sebagai tujuan untuk mendapatkan barang, pakaian, souvenir, jajanan, dan oleh-oleh khas Solo.

Pasar klewer sendiri memiliki jarak sangat dekat dengan bangunan bersejarah yaitu keraton Surakarta, tepatnya berada di Jl. Kedempel No. 24 yang memang telah ditempati oleh hampir 2000 para pedagang setiap harinya.

3. Pura / Istana Mangkunegaran

Tempat Wisata di Kota SOLO Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi

Istana Mangkunegaran adalah salah satu tempat wisata di Solo yang lokasinya berada di wilayah kelurahan keprabon, Banjarsari, Solo atau Surakarta. Bangunan pura ini dibangun oleh Raden Mas Said tahun 1757 dan bangunan istana ini dibuat dengan menggunakan kayu jati pada seluruh bangunan pura atau istana tersebut.

Saat anda berkunjung ke pura ini anda akan bisa melihat berbagai jenis koleksi karya seni dan benda bersejarah seperti senjata, kitab kuno, topeng, dan banyak lagi koleksi yang lainnya. Istana Mangkunegaran ini buka setiap hari pada jam 09.00 sampai 14.00 WIB, hari jumat 09.00-12.00 WIB, dan hari minggu 09.00-14.00 WIB.

4. Kampung Batik Kauman

Tempat Wisata di Kota SOLO Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi

Nah selain berbelanja di pasar tradisional klewer, saat berkunjung ke tempat wisata di Solo anda bisa berkunjung dan berbelanja juga ke kampung batik kauman yang merupakan industri batik rumahan dengan jumlahnya sekitar 20 hingga 30 industri rumahan.

Tentu saja tempat ini sudah memiliki pelanggan dari wisatawan mancanegara dan lokal yang memang sering berkunjung dan berwisata ke berbagai obyek wisata di Surakarta. Di pasar batik kauman anda bukan hanya bisa membeli batik asli kauman Solo, namun anda juga bisa melihat dan belajar mengenai proses dalam pembuatannya.

5. Pandawa Water World (Solo Baru)

Tempat Wisata di Kota SOLO Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi

Setelah selesai berkunjung ke bangunan bersejarah, keraton, pasar tradisional akan lebih sempurna lagi jika anda berkunjung ke tempat rekreasi yang memiliki wahana air dengan keindahan alamnya. Wahana air yang bisa anda nikmati saat berada di Solo adalah Pandawa Water World yang lokasinya berada di Jl. Cernara Raya Solo Baru.

Harga tiket masuknya adalah 80 ribu rupiah untuk hari umum seperti senin sampai jum'at dan hari ahad atau libur (sabtu, minggu dan tanggal merah) akan dikenakan biaya 100 ribu. Untuk bisa menikmati keindahan dan melakukan kegiatan wisata yang lebih seru dan asyik lagi, cobalah untuk berkunjung ke obyek ini secara rombongan bersama keluarga, teman atau rekan kerja anda.

Untuk melakukan touring atau wisata ke Solo akan lebih enak lagi jika anda melakukan perjalanan dengan rute wisata ke tempat dan daerah yang memiliki arah perjalanan yang sama sehingga anda bisa mampir dan singgah sejenak untuk menikmati keindahan alam, melakukan wisata, dan juga menjajal aneka jajanan serta membeli souvenir yang khas dari daerah tersebut.

Nah, itulah Tempat Wisata di Kota SOLO Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi liburan Anda. Terima Kasih.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Tempat Membaca Informasi Digital Masakini

You Might Also Like: